Yuk, Mengenal Mode Hibernate pada Windows - Caepisan ID
a8ZBQRAC8A5qPvtxO9qji2uACDI7P1jLtwMnNkA0

Yuk, Mengenal Mode Hibernate pada Windows

hibernasi

Terkadang dengan lelahnya pekerjaan, membuat anda ingin rehat sejenak untuk sekedar meredakan kantuk atau istirahat. Mode Hibernate akan cocok untuk itu layaknya fitur sleep, shutdown dan restart, yang tersedia pada windows, tentu dengan fungsi yang berbeda.

ALT Text
Setelah Mode Hibernate diaktifkan

Apa itu Mode Hibernate?

Pada Mode hibernate (hibernasi) berguna untuk mempercepat waktu booting dan memperpanjang umur baterai pada laptop karena tidak memerlukan daya untuk menjaga kondisi sistem, dikarenakan menggunakan disk penyimpanan untuk menampung file hiberfil.sys. Nah, terus apa bedanya dengan mode sleep? simak pada penjelasan dibawah.

Perbedaan Hibernate vs Sleep

Oke, seperti penjelasan sebelumnya bahwa perbedaan antara sleep dan hibernate yaitu pada Sleep mempertahankan data di RAM dengan konsumsi daya, sedangkan Hibernate menyimpan data di hardisk dengan mematikan daya sepenuhnya.

Pada mode sleep walaupun kecepatan booting yang cepat, namun sangat berbahaya jika ada masalah pada baterai atau supply daya dikarenakan mode sleep sangat bergantung pada daya. Nah, bagaimana dengan mode hibernate? simak kelebihan dan kelemahannya sebagai berikut:

Kelebihan dan kelemahan Hibernate

Setelah mengetahui perbedaan diatas, kini akan membahas kelebihan dan kelemahan hibernate, adapun penjelasannya seperti berikut:

Kelebihan Kelemahan
Booting hibernate lebih cepat, dibanding memulai dari awal. Ukuran file hibernation yang menyita space penyimpanan.
Lebih hemat daya, karena data disimpan dalam penyimpanan. Memperpendek umur disk, karena sering baca tulis (tidak signifikan).

Cara mengaktifkan Mode Hibernate

Pada tutorial ini, saya memberikan dua cara mudah yang bisa anda lakukan untuk mengaktifkan mode hibernate. Bagaimana caranya? simak caranya dibawah ini.

4.1. Via Setting Power Options

Cara pertama bisa anda lakukan dengan melakukan setting pada power option. Oke, simak caranya sebagai berikut:

  1. Buka menu search, ketik dan pilih Power & Sleep Setting.
  2. hibernasi2

  3. Setelah terbuka, pada Related Setting pilih Additional Power Setting.
  4. buat shortcut SlideToShutDown

  5. Berikutnya, pilih Choose what the power buttons do.
  6. hibernasi4

  7. Setelah terbuka, pilih Change setting that are currently unavailable dan pada shutdown setting ceklis Hibernate lalu save untuk menampilkan hibernate pada Power Menu windows.
  8. hibernasi5

  9. Sampai tahap ini selesai, anda sudah bisa memakai hibernate.

4.2. Via Winaero Tweaker

Cara pertama diatas kok ribet ya? tenang cara kedua ini lebih mudah dan cepat tentunya dengan aplikasi Winaero Tweaker.

  1. Buka aplikasi Winaero Tweaker, pada kolom pencarian ketik Hibernation Options.
  2. hibernasi6

  3. Selanjutnya anda bisa memilih Enable Hibernation, selain untuk mengaktifkan anda juga bisa melakukan setting lainnya.
  4. Jika bingung, anda bisa baca deskripsi (Description) dibawahnya.
  5. Sampai sini selesai, jangan lupa untuk Apply Changes.

Kesimpulan

Bagaimana mudah bukan? Nah, mode hibernate ini bisa menjadi alternatif, bila anda ingin meninggalkan pekerjaan sejenak. Dengan mode hibernate ini akan mempercepat booting perangkat dan anda bisa melanjutkan pekerjaan sebelumnya.

Penutup

Oke, tunggu apa lagi? yuk, coba sekarang! sekian pembahasan seputar mode hibernate pada windows. Bila pembahasan diatas bermanfaat bagi anda jangan lupa untuk bagikan artikel ini dan bila ada pertanyaan?,anda bisa ramaikan pada kolom komentar!

Terima Kasih

Posting Komentar

Jasa Desain Logo