Rainmeter: Tampilan Windows menjadi Aesthetic - Caepisan ID
a8ZBQRAC8A5qPvtxO9qji2uACDI7P1jLtwMnNkA0

Rainmeter: Tampilan Windows menjadi Aesthetic

rainmeter

Bosan dengan tampilan bawaan windows yang begitu-begitu saja? untuk mengubahnya diperlukan aplikasi tambahan yang bisa custom tampilan windows seperti menggunakan Rainmeter ini. Apa itu rainmeter dan bagaimana cara menggunakannya? simak penjelasan dibawah.

Apa itu Rainmeter?

Rainmeter merupakan sebuah aplikasi windows yang memudahkan untuk menyesuaikan tampilan desktop anda, pada aplikasi ini anda dapat menjalankan skin pada dekstop. Apa itu skin? skin adalah jendela yang dapat digerakkan (movable), dinamis, dan interaktif yang muncul pada desktop Windows anda, dan skin juga biasanya menampilkan beberapa jenis informasi yang dibutuhkan.

Namu perlu diingat, bahwa rainmeter tidak mengubah gaya tampilan bawaan Windows seperti ikon taskbar, start, dekstop, dan lainnya. Rainmeter juga bukan sebagai windows manager yang bisa melacak, mengelola pengaturan lainnya.

Setiap skin dapat berjalan masing-masing, tergantung bagaimana pilihan anda. Semua skin dibuat dari blok yang sama seperti ukuran, informasi pada perangkat, situs web, dan sumber lainnya. Skin rainmeter dapat anda gunakan secara Gratis, karena termasuk aplikasi open source dan anda dapat men-download pada website DeviantArt.com

Selain pilihan diatas, sebetulnya masih banyak alternatif lainnya seperti dalam forum komunitas rainmeter seperti di (reddit, discord). Dalam forum tersebut anda bisa mencari berbagai skin dari berbagai creator, beserta informasi seputar skin tersebut.

Keunggulan Rainmeter

Setelah mengetahui apa itu rainmeter, selanjutnya akan membahas keunggulan dari aplikasi rainmeter. Penasaran apa saja keunggulannya? Yuk, simak penjelasannya dibawah ini.

Keunggulan Penjelasan
Open Source Yap, aplikasi rainmeter termasuk aplikasi open source yang bisa digunakan secara gratis.
Fleksibilitas Aplikasi Rainmeter fleksibel dalam penggunaanya, anda dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan anda seperti penambahan widget, warna, mengubah layout dan lainnya.
Ringan dan skin mudah didapat Skin rainmeter termasuk ringan dan adanya dukungan dari komunitas yang besar dapat memudahkan anda untuk mencari skin yang anda butuhkan.

Persiapan Download dan Install

Pada tahap awal sebelum menggunakan rainmeter, anda bisa mengunduh dan melakukan instalasi terlebih dahulu. Bagaimana caranya? simak cara men-download dan install rainmeter, sebagai berikut:

3.1. Cara Download Rainmeter

Langkap pertama tentunya anda membutuhkan installer rainmeter, anda dapat mengunduh pada website resmi Rainmeter pada tautan dibawah:

Aplikasi Rainmeter tersedia untuk:

Download: Rainmeter

3.2. Cara Install Rainmeter

Setelah anda mendownload file rainmeter, selanjutnya lakukan instalasi pada windows anda. Oke, simak cara instalasi rainmeter sebagai berikut:

  1. Klik 2x pada file installer, lalu pilih bahasa (sesuaikan).
  2. rainmeter1

  3. Selanjutnya pilih Standard, kecuali jika anda ingin memakai portable. Ketahui dulu untuk perbedaan antara Installer dan Portable.
  4. rainmeter2

  5. Selanjutnya tentukan Lokasi Instalasi rainmeter dan anda bisa centang jika memakai versi x64, sesuaikan setingan dengan perangkat anda.
  6. rainmeter3

  7. Tunggu hingga proses instalasi selesai, jika sudah selesai anda bisa klik Finish.
  8. rainmeter3

Nah, cara download dan install rainmeter mudah bukan? langkah selanjutnya anda bisa langsung menggunakan skin sesuai dengan selera anda.

Cara Menggunakan Rainmeter

Setelah melakukan instalasi raimeter, pada tahap selanjutnya anda bisa langsung menerapkan skin yang telah anda download. Bagaimana caranya? simak sebagai berikut:

  1. Langkah pertama anda perlu download skin yang dibutuhkan, disini saya memberi satu contoh skin (Inside Dream).
  2. rainmeter4

  3. Selanjutnya Open Skin, dan setelah jendela terbuka pilih Install.
  4. rainmeter5

  5. Selanjutnya buka rainmeter dan pilih menu Manage, untuk membukanya anda bisa klik kanan pada rainmeter di taskbar.
  6. rainmeter6

  7. Setelah jendela manage terbuka, anda bisa melihat bahwa skin sudah muncul. Selanjutnya hanya perlu memilih widget yang akan digunakan, disini saya akan menggunakan contoh widget Clock.ini dan klik Load.
  8. rainmeter7

  9. Selesai, widget clock sudah muncul di dekstop dan anda bisa melakukan penyesuaian pada menu Edit (di Manage).
  10. rainmeter8

Bagaimana sampai sini mudah bukan? anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah diatas, mulai dari download hingga proses instalasi skin selesai. Bagaimana tertarik untuk mencoba? Yuk! coba sekarang.

Kesimpulan

Dengan bantuan Rainmeter, anda bisa menyesuaikan tampilan pada desktop windows. Ketika anda mendownload skin, disarankan untuk hanya mendownload skin dengan format .rmskin saja karena untuk meminimalisir disisipi virus. Jika ingin melakukan download diluar format .rmskin, seperti zip atau rar pastikan bahwa file tersebut aman untuk digunakan.

Penutup

Oke, sekarang anda bisa melakukan kustomisasi windows sesuai kebutuhan. Sekian pembahasan seputar aplikasi rainmeter ini, bila pembahasan diatas bermanfaat jangan lupa untuk bagikan artikel ini dan bila ada pertanyaan anda bisa ramaikan pada kolom komentar!

Saya sudah mencoba beberapa skin yang membuat tampilan desktop kalian menjadi simple, clean dan aesthetic, bagaimana caranya? anda bisa menonton video tutorial dibawah ini. Terima Kasih

Posting Komentar

Jasa Desain Logo