Apa Perbedaan Aplikasi Installer dan Portable? - Caepisan ID
a8ZBQRAC8A5qPvtxO9qji2uACDI7P1jLtwMnNkA0

Apa Perbedaan Aplikasi Installer dan Portable?

installer

Aplikasi merupakan program komputer yang dirancang untuk melakukan rangkaian tugas pada sistem komputer atau perangkat mobile. Aplikasi dapat berupa program tunggal atau serangkaian program yang terhubung satu sama lain untuk mencapai tujuan tertentu. Seiring dengan berkembangnya teknologi, aplikasi menjadi bagian penting dalam membantu pekerjaan sehari-hari.

Aplikasi dapat memiliki berbagai jenis dan tujuan, mulai dari aplikasi pengolah kata, angka, PDF reader, aplikasi multimedia, aplikasi pengeditan foto, Games, dan banyak lagi. Aplikasi dapat digunakan pada sistem operasi desktop seperti Windows atau macOS, perangkat mobile seperti iOS dan Android, atau bahkan digunakan di browser web.

Mengenal Aplikasi Installer dan Portable
Shortcut Aplikasi pada Desktop

Apa itu Aplikasi Installer?

Aplikasi installer (pemasangan) adalah aplikasi yang memerlukan pemasangan pada sistem operasi yang anda pakai. Pada aplikasi installer memungkinkan anda untuk memilih opsi-instalasi seperti direktori instalasi, bahasa, dan fitur lainnya yang akan diinstal nantinya.

Jadi Lebih simpelnya aplikasi tersebut harus di pasang di sistem operasi anda, yang setelah diinstall konfigurasi aplikasi dapat anda sesuaikan pada Registry Editor (Regedit).

Ciri - Ciri Aplikasi Installer
Perlu instalasi pada sistem operasi.
Opsi instalasi dapat dikustomisasi.
Memerlukan ruang (space) yang cukup pada penyimpanan.
Format tersedia beragam, seperti: Exe, Msi, Apk, dan lainnya.

Apa itu Aplikasi Portable?

Aplikasi Portable adalah program yang tidak memerlukan instalasi dan anda dapat langsung menjalankannya dari perangkat penyimpanan eksternal seperti USB drive maupun hardisk eksternal.

Aplikasi portable biasanya sudah dikemas lengkap dengan semua file dan data yang dibutuhkan untuk berjalan di perangkat tujuan, sehingga dapat digunakan tanpa mengubah atau mempengaruhi sistem operasi yang sudah ada di komputer.

Ciri - Ciri Aplikasi Portable
Tanpa memerlukan instalasi pada sistem operasi.
Memiliki ukuran yang lebih kecil.
Fleksibel dan mudah dipindahkan.
Penggunaan aplikasi tidak meninggalkan jejak (log).
Format tersedia beragam, seperti: Zip, Tar.gz, dan lainnya.

Perbedaan Portable vs Installer

Setelah mengetahui ciri-ciri aplikasi installer dan portable, saya ambil contoh seperti pada Aplikasi Rufus yaitu ketika menggunakan Versi Portable, setelah anda menggunakan aplikasi tersebut, maka akan meninggalkan File Configuration Settings (.ini) yang digunakan untuk menyimpan setingan agar bisa dipakai di berbagai perangkat lainnya dengan konfigurasi yang sama.

rufusapps

Berbeda ketika anda memakai Rufus Versi Installer dimana registry sudah terdaftar pada Registry Editor dan tentu akan meninggal log pada sistem. Nah, bagaimana sampai sini sudah paham ya perbedaan aplikasi Installer dan Portable secara garis besar seperti apa?

Kesimpulan

Nah, intinya tidak semua aplikasi mempunyai versi installer dan portable, tergantung masing - masing developer aplikasi tersebut. Pada dasarnya meskipun ada perbedaan diantara aplikasi installer dan portable, keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, jadi gunakan sesuai dengan kebutuhan anda.

Penutup

Oke, sampai sini sudah paham kan perbedaan dari keduanya? sekian pembahasan seputar Perbedaan Aplikasi Installer dan Portable ini. Bila pembahasan diatas bermanfaat bagi anda jangan lupa untuk bagikan artikel ini dan bila ada pertanyaan, anda bisa ramaikan pada kolom komentar!

Terima Kasih

Posting Komentar

Jasa Desain Logo