Membuat Batch File (BAT) untuk Mengecek Jaringan - Caepisan ID
a8ZBQRAC8A5qPvtxO9qji2uACDI7P1jLtwMnNkA0

Membuat Batch File (BAT) untuk Mengecek Jaringan

file iso

Masih menjalankan utilitas perangkat windows seperti biasa? mungkin anda perlu mencoba menggunakan batch file untuk menunjang pekerjaan sehari-hari anda. Tetapi apa itu Batch file? dan bagaimana cara menggunakannya? Yuk! simak pembahasan di bawah ini.

Apa itu Batch File?

Batch File itu sendiri merupakan sebuah file yang berisi satu atau banyak kode perintah (command code) tertentu, untuk dijalankan pada perangkat windows anda. Batch File ini dikenal dengan format (*.bat), yang biasanya digunakan untuk mempermudah pekerjaan anda sehari-hari dengan berbagai perintah didalamnya. Oh iya! untuk contoh penggunaan perintah DOS dapat anda lihat pada artikel 10 Perintah Command Prompt.

Batch file ini dapat digunakan untuk keperluan seperti: cek jaringan, auto shutdown, membuka program tertentu dan masih banyak lagi perintah yang bisa anda lakukan dengan batch file ini. Jadi intinya Batch File akan mengeksekusi semua perintah yang ada secara berurutan baris per baris, dengan ini pekerjaan anda dapat lebih cepat dan efisien.

Bagaimana cara membuatnya? Nah, pada tutorial ini akan membahas cara membuat batch file (*.bat) untuk keperluan cek jaringan internet pada perangkat windows anda.

Mengenal Batch File (.BAT)

Dalam kesempatan kali ini, akan membahas bagaimana cara membuat sekaligus menjalankan batch file dengan kode perintah untuk mengecek ping jaringan sederhana. Oke, simak caranya di bawah ini.

2.1. Cara Membuat Batch File

Alat yang diperlukan untuk membuat Batch File ini sangat familiar yaitu Notepad, sebuah teks editor yang fungsinya untuk menyusun baris per baris kode perintah nantinya, seperti layaknya pengodingan. Tidak hanya notepad, anda bisa menggunakan aplikasi teks editor apapun, seperti halnya: Notepad++, Sublime, Visual Code dan lain sebagainya.

  1. Pada Pencarian, ketik dan buka Notepad.
  2. fileiso1

  3. Setelah notepad terbuka masukan kode di bawah ini, lalu pilih File > Save atau tekan kombinasi CTRL+S.
  4. @echo off
    @echo -- Check Connection (Using DNS Google) // Looping --
    ping 8.8.8.8 -t
    

    Penggunaan @echo untuk menampilkan pesan pada layar, dan penggunaan @echo off untuk menyembunyikan pesan pada layar. Disini menggunakan DNS Google yaitu 8.8.8.8 dan -t mengartikan bahwa proses PING unlimited atau berulang secara terus-menerus.

    @echo off
    start "" https://www.caepisan.com
    @echo -- Check Connection (Using DNS Google) // Looping --
    ping 8.8.8.8 -t
    

    Oh iya! jika anda ingin menambahkan situs tertentu, anda bisa menambahkan sedikit kode seperti di atas (ganti dengan situs tujuan).

  5. Selanjutnya beri nama pada file dan tentukan lokasi penyimpanan. Jangan lupa! untuk menambahkan format atau ekstensi .bat pada akhir nama file, lalu Save.
  6. fileiso1

  7. Setelah disimpan, maka nanti akan muncul gambar seperti di bawah ini. Bila tidak menemukan file .bat tersebut, coba pastikan lokasi penyimpanan sudah benar seperti langkah no 3 di atas.
  8. fileiso7

  9. Selesai, selamat anda telah berhasil membuat batch file sederhana ini.

2.2. Cara Menjalankan Batch File

Penggunaan Batch File ini seperti menjalankan aplikasi pada umumnya, yaitu dengan Klik 2x pada file tersebut atau bisa dengan Klik kanan > Open. Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini:

fileiso1

Hasil menampilkan Reply yang merupakan informasi balasan dari host, yang akan menampilkan 4 hasil dari satu kali ping yang dilakukan. Namun tidak menuntut kemungkinan akan terjadi RTO atau Request Timed Out yang menandakan tidak adanya balasan. Jika hasil Time(ms) yang diperoleh semakin kecil, maka koneksi anda semakin baik dan begitu sebaliknya.

Mengunduh Kode Perintah

Repot menyalin semua kode diatas? tenang saja anda bisa mendapatkan file diatas secara mudah, anda hanya perlu mendownload file .bat pada tautan di bawah ini:

Download: Cek Koneksi.bat

Kesimpulan

Dengan Batch file dapat membantu anda pekerjaan anda lebih efisien dan hemat waktu. Batch file dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti: cek jaringan, auto shutdown, membuka program tertentu dan pekerjaan rumit lainnya.

Hati-hati! jangan sembarangan menjalankan batch file tanpa mengetahui isi kode didalamnya. Lakukan download pada file yang anda rasa aman untuk digunakan.

Penutup

Oke, bagaimana mudah bukan? sekian pembahasan seputar cara membuat batch file (BAT) untuk mengecek jaringan ini. Bila pembahasan diatas bermanfaat bagi anda jangan lupa untuk bagikan artikel ini dan bila ada pertanyaan, anda bisa ramaikan pada kolom komentar!

Terima Kasih

Posting Komentar