10 Perintah Populer dalam Command Prompt - Caepisan ID
a8ZBQRAC8A5qPvtxO9qji2uACDI7P1jLtwMnNkA0

10 Perintah Populer dalam Command Prompt

cmd

Anda ingin menjalankan program, manajemen file, konfigurasi sistem? Yap, melalui perintah command prompt bisa menjadi alternatif untuk melakukan semua aktivitas diatas dengan cepat. Bagaimana masih bingung? simak penjelasan mengenai command prompt dibawah.

Apa itu Command Prompt?

Command Prompt adalah utilitas Windows yang memungkinkan untuk mengontrol sistem operasi anda dengan perintah baris, walaupun windows menggunakan antarmuka berbasis GUI (Graphical User Interface) tapi perintah cmd ini sangat amat membantu untuk pekerjaan cepat.

Perintah CLI (Command Line Interpretter) juga membantu anda jika terjadi masalah yang mengharuskan anda menggunakan perintah command prompt. Terdapat banyak perintah yang dapat anda gunakan untuk konfigurasi komputer dengan cepat dan melakukan tugas-tugas umum tanpa membuka program.

Mengenal Fungsi Command Prompt

Nah, disini saya akan membahas 10 perintah populer command prompt. Tapi sebelumnya kita ketahui dulu apa saja fungsi dari Command Prompt ini, yaitu:

Fungsi Deskripsi
Otomatisasi Command Prompt untuk mengotomatiskan tugas yang berulang dengan membuat batch file, yaitu sebuah skrip yang dapat dieksekusi secara berurutan.
Manajemen File Command Prompt untuk mengelola file dan direktori di komputer Anda, seperti membuat, menyalin, memindahkan, dan menghapus file dan direktori.
Manajemen Proses Command Prompt untuk menampilkan daftar proses yang sedang berjalan dan menghentikan proses yang tidak merespons.
Manajemen Jaringan Command Prompt untuk mengelola sambungan jaringan dan menampilkan informasi jaringan, seperti alamat IP dan sambungan yang terbuka.
Manajemen Sistem Command Prompt untuk mengelola pengaturan sistem dan melakukan tugas pemeliharaan sistem, seperti memeriksa integritas hard drive dan memperbaiki file sistem.

Cara Mengakses Command Prompt

Setelah kita tau fungsinya, selanjutnya kita bahas beberapa cara untuk membuka Command Prompt, yaitu:

  1. Tekan tombol Windows + R pada papan ketik untuk membuka jendela Run atau buka pencarian > Command Prompt.
  2. bukacmd

  3. Bila menggunakan shortcut Windows + R, Ketik cmd pada kotak teks dan tekan Enter untuk membuka jendela Command Prompt.
  4. masukcmd

  5. Sampai sini anda telah berhasil membuka Command Prompt, untuk penamaan akan berbeda pada setiap perangkat dan penulisan perintah seperti contoh dibawah ini:
  6. C:\Users\nama_pc_anda> Tuliskan perintah disini

    bariscmd

Bagaimana tidak sulit bukan untuk membuka command prompt? langkah selanjutnya anda tinggal memasukan perintah sesuai kebutuhan, adapun beberapa perintahnya sebagai berikut.

10 Perintah Populer Command Prompt

Saya sudah merangkum beberapa perintah command prompt yang harus kamu tau dan patut untuk dicoba. Oke, kita masuk ke 10 perintah populer yang digunakan dalam Command Prompt yaitu:

Perintah Deskripsi
dir Perintah yang pastinya sering anda pakai untuk menampilkan isi direktori (folder).
mkdir Perintah digunakan untuk membuat satu atau beberapa folder baru di dalam sistem, pastikan lokasi direktori folder sudah sesuai.
cd Perintah untuk mengubah atau pindah direktori saat ini, tambahkan cd.. untuk keluar satu tingkat dari direktori asal.
copy Perintah untuk menyalin file dari satu lokasi ke lokasi lain.
move Perintah untuk memindahkan file dari satu lokasi ke lokasi lain.
rename Perintah untuk mengganti nama file atau direktori.
del Perintah untuk menghapus file atau direktori.
ping Perintah untuk menguji konektivitas antara komputer Anda dan perangkat lain,server, atau bahkan situs.
Ipconfig Perintah untuk menampilkan informasi jaringan komputer Anda, termasuk alamat IP, subnet mask, dan gateway default.
Systeminfo Perintah yang digunakan untuk menampilkan spesifikasi sistem komputer anda, seperti informasi sistem operasi, perangkat lunak, perangkat keras, konfigurasi jaringan, dan lainnya.

Kesimpulan

Penggunaan perintah baris command prompt diatas termasuk perintah yang sangat sering dipakai karena untuk berbasis text lebih cepat, dan lebih mudah dalam cek jaringan, cek ip, cek spesifikasi, dan konfigurasi file sistem lainnya. Bagaimana menurut anda? komen perintah cmd favorit anda di kolom komentar ya!

Penutup

Oke, pembahasan mengenai command prompt telah usai. Apakah anda sering menggunakan cmd? jangan lupa untuk dicoba. Bila pembahasan diatas bermanfaat bagi anda jangan lupa untuk bagikan artikel ini dan bila ada pertanyaan, anda bisa ramaikan pada kolom komentar!

Terima Kasih

Posting Komentar