Mengenal Sublime Text Editor - Caepisan ID
a8ZBQRAC8A5qPvtxO9qji2uACDI7P1jLtwMnNkA0

Mengenal Sublime Text Editor

sublime

Anda sering membuat, mengedit, dan mengelola jenis teks? tentu teks editor menjadi pilihan karena aplikasi pengolah kata ini sangat membantu pekerjaan anda baik itu di perkantoran, sekolah maupun di kalangan programer. Berbagai macam aplikasi dapat anda gunakan untuk teks editor ini, salah satunya aplikasi sublime. Apa itu sublime? simak penjelasan dibawah.

Apa itu Sublime Text?

Sublime Text adalah editor teks yang kuat untuk kode, boldup, dan prosa. Editor ini banyak digunakan oleh programmer, web designer dan penulis untuk menulis dan mengedit kode, HTML, CSS dan bahasa pemrograman lainnya.

Sublime Text menyediakan antarmuka yang cepat dan efisien untuk pengkodean dan pengeditan dengan fitur-fitur seperti penyorotan sintaks, pelengkapan otomatis kode, banyak pilihan, dan keyboard yang dapat disesuaikan. Sublime Text juga mendukung plugin yang menyediakan fungsionalitas tambahan dan tersedia untuk Windows, macOS, dan Linux.

sublimetext

Sublime Text tersedia Gratis dan Berbayar (Personal dan Business), untuk lisensi personal akan sesuai dengan nama yang terdaftar. Masa berlaku lisensi personal berlaku dengan pembaruan selama 3 tahun, sementara lisensi bisnis akan kedaluwarsa ketika langganan dibatalkan (unsubscribed). Jika anda ingin mendukung pengembangan aplikasi, mendapat dukungan teknis, dan lainnya anda bisa membeli lisensi berbayar seperti penjelasan sebelumnya.

Keunggulan Sublime Text

Sublime telah merilis versi terbaru yaitu Sublime Text 4. Ada beberapa fitur utama baru yang akan meningkatkan alur kerja secara signifikan. Apa saja keunggulan dan peningkatan pada Sublime Text 4? Nah simak penjelasannya dibawah:

Keunggulan Deskripsi
Peningkatan Kinerja Telah dioptimalkan untuk kinerja yang baik, dengan pengindeksan file yang baik, waktu startup yang baik, dan pengguliran yang lancar.
Dukungan Teknologi Terkini Meningkatkan dukungannya untuk teknologi modern seperti WebAssembly, Rust, dan GraphQL.
Antarmuka / UI Tampilan pengguna telah disempurnakan, dengan opsi skema warna yang lebih baik, mesin rendering font baru, dan dukungan bilah sentuh yang lebih baik untuk Mac.Tema dan Skema Warna mendukung peralihan mode gelap otomatis. Tema Adaptif pada Windows dan Linux sekarang memiliki bilah judul khusus.
Kompatibilitas Meningkatkan kompatibilitas pada plugin dan paket pihak ketiga, memastikan kompatibilitas yang lebih baik dengan berbagai alat dan teknologi yang lebih luas.
Penyorotan Sintaks Meningkatkan kecepatan sintaks untuk berbagai bahasa pemrograman, membuat kode lebih mudah dibaca dan dipahami. Mesin penyorotan sintaks telah ditingkatkan secara signifikan, dengan fitur-fitur baru dan penggunaan memori telah berkurang, dan waktu muat lebih cepat dari sebelumnya.
Saran Kode Fitur kode yang lebih baru, lebih akurat, dan lebih relevan sekarang tersedia. Mesin pelengkapan otomatis telah ditulis ulang untuk memberikan pelengkapan cerdas berdasarkan kode yang sedang dikejakan. Saran juga dilengkapi dengan info tentang jenisnya, dan menyediakan tautan ke definisi.
Palet Perintah Palet perintah telah ditingkatkan, sehingga lebih mudah untuk mengakses perintah dan fungsinya.

Cara Mengunduh Sublime Text

Cara mengunduh sublime sangat mudah, anda bisa melakukan beberapa langkah seperti berikut:

  1. Kunjungi situs resmi Sublime Text.
  2. Pilih jenis platform yang anda gunakan, aplikasi tersedia untuk:
  3. File akan terunduh, tunggu hingga proses unduhan selesai.
  4. Sublime text siap untuk diinstal dan digunakan.

Kesimpulan

Nah, begitulah penjelasan Sublime Text yang merupakan teks editor yang ringan dengan berbagai fitur yang menarik untuk dicoba. Informasi penyesuaian fitur pada setiap build, dapat dilihat pada situs resmi pada tautan diatas.

Penutup

Bagaimana tertarik mencoba? Oke, sekian pembahasan seputar Sublime Text ini, selamat mencoba. Bila pembahasan diatas bermanfaat bagi anda jangan lupa untuk bagikan artikel ini dan bila ada pertanyaan, anda bisa ramaikan pada kolom komentar!

Terima Kasih

Posting Komentar