Cara Mengoptimalkan Ruang Disk pada Windows - Caepisan ID
a8ZBQRAC8A5qPvtxO9qji2uACDI7P1jLtwMnNkA0

Cara Mengoptimalkan Ruang Disk pada Windows

optimalisasi disk

Dalam sebuah perangkat, pasti diperlukan sebuah media penyimpanan untuk menyimpan data sistem, atau data lainnya yang menunjang kerja perangkat tersebut. Banyak beredar luas media penyimpanan dipasaran, contohnya pada komputer/laptop menggunakan hard disk/hard drive sebagai tempat penyimpanan data. Sebelumnya Apa itu hard disk? simak pada penjelasan dibawah ini.

Mengenal Media Penyimpan Hard Disk

Hard disk/Hard drive atau biasa kita kenal HDD adalah komponen fisik (hardware) yang digunakan untuk menjadi sebuah tempat penyimpanan data baik itu file sistem, dokumen, foto, musik, aplikasi dan lainnya. Hard disk merupakan salah satu media penyimpanan yang paling populer digunakan pada perangkat komputer/laptop, karena mempunyai kapasitas besar dengan harga yang sedikit murah dibanding dengan SSD.

Selain Hard disk ada juga alternatif penyimpanan lainnya yaitu SSD atau Solid State Drive, SSD dan HDD mempunyai perbedaan mendasar yaitu pada SSD tidak memakai piringan magnetik untuk menulis dan membaca seperti pada hard disk, melainkan menggunakan sebuah chip yang mempunyai kecepatan lebih baik.

Cara Mengoptimalkan Ruang Disk pada Windows

Pernahkan merasa perangkat anda terasa lamban? nah, bisa jadi dikarenakan ruang penyimpanan yang penuh. Ya, disini anda perlu untuk mengoptimalkan ruang disk pada Windows, proses optimalisasi ruang disk sangat penting untuk mendukung kinerja komputer yang optimal. Bagaimana caranya? simak penjelasan sebagai berikut:

2.1. Membersihkan File Tidak Diperlukan

Perhatikan untuk selalu membersihkan junk files (recycle bin), duplicate files, temporary files, atau lainnya. Bersihkan file-file tersebut secara berkala untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan, sebagai alternatif anda bisa menggunakan Aplikasi Pembersih Sampah untuk membantu mengatasi masalah diatas.

2.2. Melakukan Kompres File

Kompresi file dapat mengurangi ukuran file anda, langkah ini menjadi salah satu solusi untuk menghemat ruang pada penyimpanan anda. Anda bisa menggunakan Alat Pengompresan File dengan catatan semakin besar file yang akan dikompres, waktu yang dibutuhkan akan semakin lama.

2.3. Menghapus Aplikasi Tidak Digunakan

hapusapps

Banyak aplikasi yang terinstall pada system tentunya akan membuat ruang disk anda semakin penuh, solusinya dengan menghapus aplikasi yang tidak anda gunakan akan sedikit mengosongkan ruang disk anda.

2.4. Melakukan Defragment Disk

defragdisk

Proses Defragment menjadi faktor pendukung, defragment bekerja dengan memindahkan bagian-bagian file yang terpisah menjadi satu blok yang teratur, sehingga mempercepat akses ke file yang dituju atau menyusun ulang file pada disk. Lakukan secara berkala untuk memastikan kinerja drive tetap optimal.

2.5. Memanfaatkan Penyimpanan Lain

Jika anda mempunyai hard disk/drive eksternal, itu akan menjadi solusi tambahan. Anda bisa pindahkan beberapa file ke drive eksternal atau menggunakan layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive, Microsoft OneDrive dan lainnya.

Siapa yang tidak tau Google Drive? merupakan salah satu aplikasi berbasis cloud yang popular saat ini, menghadirkan fitur-fitur yang dapat membantu anda untuk mengelola dan berbagi file dengan mudah. Google Drive dapat anda gunakan secara gratis dengan menyediakan penyimpanan awal sebesar 15 GB, untuk menambah kapasitas penyimpanan anda bisa berlangganan layanan Google One.

Dengan berbagai fitur yang diberikan, sangat worth it untuk berlangganan apalagi jika itu untuk keperluan bisnis maupun pribadi yang membutuhkan penyimpanan besar.

Kesimpulan

Nah, dengan langkah-langkah diatas dapat mengoptimalkan ruang disk anda jika dilakukan secara berkala, anda dapat memastikan kinerja komputer yang optimal dan meminimalisir risiko masalah sistem yang terjadi.

Jika Anda sudah melakukan semua langkah di atas dan masih merasa kekurangan ruang kosong pada penyimpanan, mungkin saatnya anda untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan anda. Karena semakin lama akan semakin banyak file, tentunya harus didukung dengan kapasitas drive yang besar untuk menunjang pekerjaan anda.

Pastikan juga untuk cek selalu kesehatan hard disk/drive anda dengan bantuan Aplikasi Cek Kesehatan Hard Disk, agar hard disk bisa terjaga dari masalah bad sector, corrupt, atau masalah lainnya.

Penutup

Oke, bagaimana patut untuk dicoba bukan? sekian pembahasan seputar cara mengoptimalkan ruang penyimpanan pada windows. Bila pembahasan diatas bermanfaat bagi anda jangan lupa untuk bagikan artikel ini dan bila ada pertanyaan, anda bisa ramaikan pada kolom komentar!

Terima Kasih

Posting Komentar

Jasa Desain Logo