12 Rekomendasi Aplikasi Gratis Terpopuler - Caepisan ID
a8ZBQRAC8A5qPvtxO9qji2uACDI7P1jLtwMnNkA0

12 Rekomendasi Aplikasi Gratis Terpopuler

aplikasi gratis

Sebelum masuk ke daftar aplikasi mari kenali dahulu apa itu freeware dan open source? Aplikasi Freeware adalah jenis perangkat lunak yang didistribusikan secara gratis, tetapi aplikasi freeware tidak dilengkapi dengan kode sumber yang dapat dimodifikasi atau didistribusikan ulang tanpa izin.

Sementara itu Aplikasi Open Source diberi akses kode sumber dengan kebebasan untuk mengembangkan sendiri, tanpa perlu izin untuk mendistribusikan hasil pengembangan aplikasi. Apa saja rekomendasi aplikasi tersebut? berikut daftar aplikasi gratis terpopuler, antara lain:

Aplikasi Gratis Terpopuler

Pada kesempatan ini, saya memberikan rekomendasi beberapa aplikasi gratis yang bisa anda coba. Apa saja aplikasinya? Berikut adalah daftar aplikasinya, antara lain:

1. Inkscape

Inkscape adalah editor grafis untuk membuat dan mengedit gambar vektor yang terdiri dari bentuk dan garis. Kelebihannya, Inkscape mendukung berbagai format file, termasuk SVG, dan menawarkan alat untuk membuat dan mengedit bentuk, teks, dan jalur, serta menerapkan warna dan efek.

Inkscape dapat anda gunakan secara Gratis, karena termasuk aplikasi open source.

Inkscape

Aplikasi Inkscape tersedia untuk:

Download: Inkscape

2. VLC Media Player

VLC Media Player adalah pemutar multimedia gratis yang serbaguna dan andal untuk penggunaan pribadi dan profesional. VLC dapat memutar format audio dan video, DVD, CD, dan berbagai protokol streaming tanpa. Dikenal karena dapet memainkan hampir semua format file media.

VLC Media Player dapat anda gunakan secara Gratis, karena termasuk aplikasi open source.

VLC Media Player

Aplikasi VLC Media Player tersedia untuk:

Download: VLC Media Player

3. Libre Office

Libre Office adalah paket perkantoran gratis dan open source yang banyak digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Libre Office memiliki antarmuka yang bersih dan kaya akan fitur yang membantu anda meningkatkan produktivitas dan kreativitas, menyediakan berbagai alat untuk pengolah kata, manajemen spreadsheet, pembuatan presentasi, grafik diagram alir dan banyak lagi.

Libre Office dapat anda gunakan secara Gratis, karena termasuk aplikasi open source.

Libre Office

Aplikasi Libre Office tersedia untuk:

Download: Libre Office

4. KeePass

Anda harus mengingat banyak kata sandi? sekarang tidak perlu bingung, ada aplikasi KeePass yaitu pengelola kata sandi gratis, yang membantu anda menyimpan semua kata sandi dalam satu basis data yang dikunci, dengan kunci utama. Jadi, hanya perlu mengingat satu kunci utama untuk membuka seluruh basis data password anda.

File basis data ini dienkripsi menggunakan algoritme enkripsi terbaik dan disarankan untuk mengganti password anda secara berkala, untuk menjaga keamanan data tetap terjaga.

KeePass dapat anda gunakan secara Gratis, karena termasuk aplikasi open source.

KeePass

Aplikasi KeePass tersedia untuk:

Download: KeePass

5. 7-Zip

7-Zip adalah aplikasi pengompresan file dan kompresi gratis yang dapat membuat dan mengekstrak file dalam berbagai format seperti ZIP, RAR. 7-Zip ini didistribusikan di bawah lisensi GNU LGPL, yang berarti bebas digunakan baik untuk penggunaan pribadi maupun komersial.

7-Zip dapat anda gunakan secara Gratis, karena termasuk aplikasi open source.

7-Zip

Aplikasi 7-Zip tersedia untuk:

Download: 7-Zip

6. Sumatra PDF

Sumatra PDF adalah pembaca PDF gratis untuk Windows. Salah satu aplikasi alternatif yang ringan, cepat dan minimalis untuk anda para pembaca PDF.

Sumatra PDF dapat anda gunakan secara Gratis, karena termasuk aplikasi open source.

Sumatra PDF

Aplikasi Sumatra PDF tersedia untuk:

Download: Sumatra PDF

7. Audacity

Audacity adalah editor audio digital dan perangkat lunak perekaman gratis. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk dengan mudah untuk mengedit dan merekam file audio. Perekaman berkualitas tinggi, pengeditan multi-track, lain sebagainya.

Audacity dapat anda gunakan secara Gratis, karena termasuk aplikasi open source.

Audacity

Aplikasi Audacity tersedia untuk:

Download: Audacity

8. UltraDefrag

UltraDefrag adalah aplikasi defragmentasi yang didesain sederhana dan cepat untuk Windows. Terdapat pilihan antarmuka yang tersedia: GUI dan konsol. GUI berguna untuk merepresentasikan sistem berkas secara visual seperti peta kluster, konsol pilihan lain untuk pemrosesan batch atau pengaturan tugas terjadwal dalam bentuk perintah.

UltraDefrag dapat anda gunakan secara Gratis, karena termasuk aplikasi open source.

UltraDefrag

Aplikasi UltraDefrag tersedia untuk:

Download: UltraDefrag

9. Mozilla Firefox

Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan Mozilla Firefox? betul sekali, Mozilla Firefox adalah peramban web gratis yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation. Peramban web ini merupakan salah satu browser paling populer yang digunakan saat ini.

Mozilla Firefox dapat anda gunakan secara Gratis, karena termasuk aplikasi open source.

Mozilla Firefox

Aplikasi Mozilla Firefox tersedia untuk:

Download: Mozilla Firefox

10. VirtualBox

VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi gratis yang dikembangkan oleh Oracle Corporation. Perangkat ini memungkinkan anda untuk menjalankan beberapa sistem operasi pada satu komputer, dan cocok untuk anda yang mau mencoba sistem operasi yang akan diinstall atau dipelajari.

VirtualBox dapat anda gunakan secara Gratis, karena termasuk aplikasi open source.

VirtualBox

Aplikasi VirtualBox tersedia untuk:

Download: VirtualBox

11. Everything

Everything adalah mesin pencari yang cepat dan ringan sebagai alternatif dari search bawaan Windows, yang dikembangkan oleh VoidTools. Mesin pencari ini mengindeks nama semua file dan folder di hard drive komputer. Tunggu apa lagi! buat anda yang suka kerja cepat, bisa pakai Everything ini untuk pekerjaan anda.

Everything dapat anda gunakan secara Gratis, karena termasuk aplikasi open source.

Everything

Aplikasi Everything tersedia untuk:

Download: Everything

12. Open Broadcaster Software (OBS)

OBS adalah perangkat lunak gratis untuk perekaman video dan streaming. Perangkat lunak ini menyediakan alat yang dibutuhkan anda untuk merekam dan melakukan streaming konten video, seperti cuplikan game, tangkapan layar, dan rekaman webcam.

OBS dapat anda gunakan secara Gratis, karena termasuk aplikasi open source.

Open Broadcaster Software (OBS)

Aplikasi Open Broadcaster Software (OBS) tersedia untuk:

Kesimpulan

Baik Freeware atau Open Source terdapat perbedaan dalam hal akses sumber kode dan izin distribusi pengembangan aplikasi. Keduanya mempunyai kesamaan dari segi biaya yaitu gratis dan cocok untuk anda yang ingin mendapatkan fitur menarik tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

Pemilihan Aplikasi diatas bergantung pada preferensi anda, beberapa aplikasi mungkin akan cocok untuk anda.

Penutup

Oke, bagaimana anda tertarik untuk coba aplikasi diatas? sekian pembahasan seputar aplikasi gratis terpopuler. Bila pembahasan diatas bermanfaat bagi anda jangan lupa untuk bagikan artikel ini dan bila ada pertanyaan, anda bisa ramaikan pada kolom komentar!

Terima Kasih

Posting Komentar

Jasa Desain Logo