Apa itu Thingspeak? - Caepisan ID
a8ZBQRAC8A5qPvtxO9qji2uACDI7P1jLtwMnNkA0

Apa itu Thingspeak?

thingspeak

Apakah anda mencari platform berbasis cloud untuk keperluan monitoring, controlling atau lainnya? Yap, Thingspeak bisa menjadi alternatif tersebut. Apa itu Thingspeak dan bagaimana cara menggunakan-nya? simak penjelasan sebagai berikut:

Apa itu Thingspeak?

ThingSpeak adalah platform berbasis cloud untuk pengumpulan, analisis, dan visualisasi data Internet of Things (IoT). Platform ini memungkinkan pengguna untuk mengirim, menyimpan, dan mengambil data dari sensor dan perangkat IoT lainnya, serta membuat visualisasi, peringatan, dan layanan penyimpanan data berbasis cloud, aliran data yang andal, dan dukungan RESTful API.

Thingspeak memungkinkan untuk mengumpulkan data dari lokasi terpencil seperti stasiun cuaca atau rumah pintar, menganalisis informasi yang dikumpulkan dengan grafik waktu nyata, menampilkan peringatan waktu nyata jika terjadi anomali, bahkan memprediksi tren masa depan berdasarkan data historis menggunakan sebuah algoritma.

Fungsi dari Thingspeak

Nah setelah tau pengertian dari Thingspeak, sekarang kita bahas cara untuk menggunakan thinkspeak, adapun fungsi dari Thingspeak sebagai berikut:

  • Pengumpulan data secara real-time
  • Berbagi data dengan saluran
  • Analisis dan visualisasi Data
  • Mengintegrasikan App
  • API RESTful dan MQTT

Cara Menggunakan Thingspeak

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari Thingspeak, selanjutnya masuk pada cara menggunakan ThingSpeak, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buat akun di situs web ThingSpeak. Pilih Create One, kalo sudah punya bisa langsung Sign in.
  2. apaituthingspeak

  3. Selanjutnya lakukan Verifikasi Email, lalu masukan password dan Continue.
  4. apaituthingspeak1

  5. Bila registrasi berhasil, maka akan muncul halaman seperti dibawah dengan menampilkan Email ID yang tadi didaftarkan.
  6. apaituthingspeak2

  7. Selanjutnya anda bisa login, dan disini pilih New Channel untuk membuat channel baru.
  8. windowsphotoviewer4

  9. Masukan nama channel, deskripsi, field, dan lain sebagainya, lalu Save dan bila berhasil akan menampilkan seperti gambar berikut
  10. windowsphotoviewer5

  11. Terakhir masuk pengaturan API ThingSpeak, lalu Generate New API. Jangan lupa simpan Write API Key ini untuk dimasukan kedalam coding Arduino IDE nantinya.
  12. windowsphotoviewer5

  13. Selesai, data sensor akan masuk dan anda bisa lakukan monitoring pada grafik yang telah dibuat sebelumnya. Hasil before dan after seperti contoh gambar berikut:
  14. windowsphotoviewer5

Penggunaan Thingspeak diatas untuk monitoring sensor LDR, pada contoh kasus diatas menampilkan data masuk (Entries) sebesar 374 data. Informasi yang dapat dilihat seputar kapan dibuat, update data, dan data terakhir yang masuk.

Kesimpulan

Oke, sampai sini sudah berhasil masuk dan buat channel Thingspeak, dengan bantuan thingspeak monitoring dapat dilakukan dengan mudah dan banyak pilihan widget yang anda bisa gunakan. Penggunaan Thingspeak banyak digunakan pada proyek IoT (internet of things) yang memudahkan dalam pengembangan proyek yang dibuat.

Penutup

Oke, sekian pembahasan seputar Thingspeak. Bagaimana mudah bukan? Bila pembahasan diatas bermanfaat bagi anda jangan lupa untuk bagikan artikel ini dan bila ada pertanyaan, anda bisa ramaikan pada kolom komentar!

Terima Kasih

Posting Komentar

Jasa Desain Logo