Cara Mudah Membuat Bootable Flashdisk (Windows) - Caepisan ID
a8ZBQRAC8A5qPvtxO9qji2uACDI7P1jLtwMnNkA0

Cara Mudah Membuat Bootable Flashdisk (Windows)

bootable

Bootable atau dapat diartikan proses dimana komputer atau sebuah perangkat elektronik mulai menghidupkan sistem operasi yang diinstal pada media tersebut, dengan bantuan flashdisk sebagai media penyimpanan yang digunakan untuk booting.

Tentu tidak harus terpaku pada flashdisk, pembuatan bootable ini bisa menggunakan DVD atau penyimpanan lainnya. Bootable dengan Flashdisk menjadi populer dikarenakan lebih praktis untuk digunakan. Disini kita akan menggunakan Aplikasi Rufus untuk membuat perangkat USB flashdisk menjadi bootable, tanpa berlama-lama kita simak caranya dibawah:

Cara Mudah Membuat Bootable

Proses membuat bootable pada media penyimpanan Flashdisk cukup mudah, sebelumnya anda perlu melakukan persiapan alat dan bahan yang akan dipakai nantinya pada proses bootable ini. Bagaimana caranya? simak sebagai berikut:

1.1. Persiapan Alat dan Bahan

Persiapan alat dan bahan, tanpa alat dan bahan tentu proses bootable tidak bisa dilakukan. Alat dan bahan yang digunakan cenderung mudah didapat, adapun alat dan bahan yang perlu disiapkan sebelum melakukan bootable sebagai berikut:

  1. Pertama siapkan flashdisk disarankan 8Gb keatas.
  2. Pastikan anda sudah mengunduh Aplikasi Rufus pada tautan berikut, unduh sesuai dengan spek komputer anda (x86/x64) bila bingung anda bisa baca Cara Cek Spesifikasi Komputer.
  3. https://rufus.ie/
  4. Pastikan flashdisk kosong. Bila terdapat data pada flashdisk anda bisa amankan terlebih dahulu, karena ketika proses bootable flashdisk akan diformat.
  5. Oke, persiapan alat dan bahan selesai, selanjutnya mulai tahap eksekusi.

1.2. Langkah - Langkah Bootable Flashdisk

Setelah persiapan alat dan bahan selesai, masuk ke tahap eksekusi. Bagaimana caranya? simak seperti berikut:

  1. Setelah download silahkan anda install bila download versi installer(.exe) atau langsung buka bila anda download versi portable.
  2. Pastikan flashdisk sudah siap, tampilan jika flashdisk sudah terdeteksi.
  3. bootable

    Adapun penjelasan setiap perintah gambar diatas, sebagai berikut

    • Device : Nama dari flashdisk.
    • Boot Selection : Silahkan anda pilih pada SELECT dan otomatis akan membaca nama file ISO tersebut.
    • Partition Scheme : Partisi hard disk anda bisa pakai BIOS/UEFI cek pada BIOS Mode, jika pilih MBR > BIOS pada Target System dan jika GPT > UEFI pada Target System.
    • Format Options : Berisi Label Flashdisk, File System (FAT32/NTFS), Cluster Size (Default).
  4. Setelah semua settingan selesai, pilih START dan anda hanya perlu menunggu hingga proses bootable selesai ditandai dengan warna full hijau, seperti gambar dibawah.
  5. bootable2

  6. Sampai sini bootable selesai, flashdisk siap digunakan.

Kesimpulan

Nah, sebetulnya tanpa aplikasi tambahan anda bisa membuat bootable tetapi cukup rumit apalagi bila tidak hati-hati, anda bisa salah langkah dalam memformat. Tapi untungnya ada alternatif lain yaitu lewat aplikasi rufus yang bisa anda andalkan dengan mudah dan aman.

Oh iya, untuk mengembalikan agar flashdisk tidak dalam kondisi bootable anda cukup memformat flashdisk.

Penutup

Oke, bagaimana mudah bukan untuk bootable flashdisk? sekian pembahasan seputar cara Membuat Bootable Flashdisk. Bila pembahasan diatas bermanfaat bagi anda jangan lupa untuk bagikan artikel ini dan bila ada pertanyaan, anda bisa ramaikan pada kolom komentar!

Terima Kasih

Posting Komentar

Jasa Desain Logo