Cara Cek Spesifikasi Komputer dengan Mudah - Caepisan ID
a8ZBQRAC8A5qPvtxO9qji2uACDI7P1jLtwMnNkA0

Cara Cek Spesifikasi Komputer dengan Mudah

spesifikasi

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, terbukti dengan terus adanya inovasi pada perangkat komputer/laptop yang banyak beredar dari berbagai merek dengan harga dan spefisikasi yang berbeda, tetapi sering kali anda masih bingung cara mengetahui spesifikasinya seperti apa. Bagaimana sih caranya cek spesifikasi itu? pada tutorial ini saya akan membahas apa itu informasi sistem dan 2 cara mudah cek spesifikasi pada perangkat anda.

Apa itu Informasi Sistem?

Informasi Sistem (System Information) merupakan utilitas bawaan pada sistem operasi Windows yang digunakan untuk menampilkan informasi lengkap tentang komputer anda. Informasi Sistem memuat beberapa detail tentang perangkat keras, perangkat lunak, sistem operasi, driver perangkat, pengaturan jaringan, dan lainnya.

Fungsi dari Informasi Sistem

Sebelum masuk ke tutorial cek spesifikasi, anda bisa mengenal fungsi dari utilitas sistem informasi (System Information) sebagai berikut:

  1. Memastikan Kompatibilitas Aplikasi
  2. Anda dapat memastikan bahwa sistem Anda memenuhi persyaratan minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu aplikasi atau saat instal ulang. Hal ini dapat membantu anda menghindari masalah seperti crash atau performa yang buruk.

  3. Memudahkan saat ingin Upgrade
  4. Anda dapat melakukan upgrade komponen yang sesuai untuk meningkatkan performa sistem atau sebatas maintenance. Mengetahui spesifikasi komponen memudahkan anda untuk memilih pengganti yang sesuai dan kompatibel dengan sistem Anda.

  5. Memilih Komputer Baru
  6. Saat membeli komputer/laptop baru, mengetahui spesifikasinya dapat membantu anda memilih model yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda. Anda dapat memastikan bahwa komputer baru Anda memiliki persyaratan sistem minimum untuk aplikasi atau permainan yang ingin anda jalankan.

Cara Cek Spesifikasi pada Windows

Masuk pada tutorial, saya akan memberikan dua cara mudah yang bisa anda lakukan untuk cek spesifikasi pada windows. Bagaimana caranya? berikut dua cara yang bisa anda lakukan, antara lain:

3.1. Cek Spesifikasi via Setting

Pada cara pertama ini, merupakan cek spesifikasi paling mudah yang bisa anda lakukan yaitu lewat Setting Windows. Yuk! simak caranya dibawah ini.

  1. Pada kolom Search, ketik Setting atau dengan menekan shortcut (Windows + i).
  2. setting

  3. Setelah terbuka, pilih System.
  4. setting1

  5. Selanjutnya pilih menu About, hingga seperti gambar dibawah.
  6. setting2

    Pada Informasi sistem diatas menampilkan Spesifikasi Perangkat dan dibawahnya untuk cek Spesifikasi Windows. Disini menampilkan beberapa spesifikasi terkait perangkat anda, seperti:

    • Detail tentang nama perangkat, ID perangkat, tipe dan model prosesor, jumlah RAM, arsitektur (32-bit atau 64-bit) dan pen and touch support.
    • Detail tentang sistem operasi seperti versi Windows, edisi sistem operasi, OS Build, dan Experience.

3.2. Cek Spesifikasi via Msinfo32

Pada cara terakhir, merupakan cek spesifikasi yang lebih kompleks daripada cara yang pertama yaitu lewat Msinfo32. Yuk! simak caranya dibawah ini.

  1. Pada kolom Search, ketik Run atau dengan menekan shortcut (Windows + r).
  2. setting3

  3. Setelah terbuka, ketikan msinfo32 atau msinfo32.exe lalu OK.
  4. setting4

  5. Setelah terbuka, akan terlihat System Summary yang menampilkan rangkaian spesifikasi lengkap perangkat anda, bila ingin detail anda bisa buka Hardware Resources, Component, dan Software Environment.
  6. setting5

  7. Selesai, sekarang anda bisa mencari informasi apa yang dibutuhkan. Gunakan fitur bantuan Find What pada menu dibawah, agar pencarian lebih cepat.

Kesimpulan

Jadi dengan informasi sistem diatas, anda bisa mengetahui spesifikasi dari perangkat yang anda pakai. Bila dibutuhkan informasi lebih lengkap disarankan untuk menggunakan cara kedua. Nah, sekarang tidak perlu bingung lagi jika ingin melakukan troubleshooting dan upgrade pada perangkat anda.

Penutup

Bagaimana penggunaan slide to shutdown mudah bukan? Yuk, coba sekarang! Sekian pembahasan ini, bila pembahasan diatas bermanfaat bagi anda jangan lupa untuk bagikan artikel ini dan bila ada pertanyaan, anda bisa ramaikan pada kolom komentar!

Terima Kasih

Posting Komentar

Jasa Desain Logo