5 Daftar Aplikasi Virtual Machine (VM) Terpopuler - Caepisan ID
a8ZBQRAC8A5qPvtxO9qji2uACDI7P1jLtwMnNkA0

5 Daftar Aplikasi Virtual Machine (VM) Terpopuler

Aplikasi virtual

Apa itu Virtual Machine ? Virtual Machine adalah sebuah program yang dapat menjalankan sistem operasi secara virtual di atas sistem operasi yang berbeda. Dalam virtual machine, sebuah komputer dapat menjalankan beberapa sistem operasi secara bersamaan, tanpa harus mengubah konfigurasi hardware fisik atau menginstal ulang sistem operasi host. Beberapa contoh program virtual machine populer seperti Hyper-V, VirtualBox, dan lainnya.

5 Aplikasi Virtual Machine (VM)

Pada kesempatan ini, saya memberikan rekomendasi beberapa aplikasi Virtual Machine (VM) yang populer digunakan. Apa saja aplikasinya? Berikut daftar aplikasinya, antara lain:

1. Hyper-V

Hyper-V adalah teknologi virtualisasi yang dikembangkan oleh Microsoft untuk menjalankan beberapa sistem operasi pada komputer secara bersamaan. Virtualisasi berguna untuk melakukan pengujian, pengembangan, dan produksi server dan menjalankan mesin virtual pada satu mesin fisik dan mengisolasi setiap mesin virtual dari yang lainnya.

Hyper-V dapat anda gunakan secara Gratis, coba sekarang juga!

Hyper-V

Aplikasi Hyper-V tersedia untuk:

Penggunaan Hyper-V

2. VMware Workstation

VMware adalah perangkat lunak virtualisasi yang memungkinkan anda untuk menjalankan beberapa sistem operasi dan aplikasi pada satu komputer atau server secara virtual, yang dapat meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas dalam penggunaan sumber daya komputer. Beberapa produk VMware sangat populer seperti VMware Workstation, VMware Fusion, VMware vSphere, VMware ESXi dan lainnya.

VMware Workstation dapat anda gunakan secara Gratis (Free for Personal). Bila anda ingin menggunakan untuk keperluan komersial, maka anda harus membeli versi berbayar.

VMware Workstation

Aplikasi VMware Workstation tersedia untuk:

Download: VMware Workstation

3. VirtualBox

VirtualBox adalah aplikasi virtualisasi open source yang dikembangkan oleh Oracle Corporation. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk menjalankan sistem operasi dan aplikasi pada mesin virtual di atas sistem operasi host yang ada. VirtualBox juga mendukung berbagai fitur virtualisasi, termasuk snapshotting, kloning mesin virtual, dan pengaturan jaringan virtual.

VirtualBox dapat anda gunakan secara Gratis, karena termasuk aplikasi open source.

VirtualBox

Aplikasi VirtualBox tersedia untuk:

Download: VirtualBox

4. Parallels Desktop

Parallels Desktop adalah sebuah aplikasi virtualisasi yang memungkinkan anda untuk menjalankan sistem operasi Windows, Linux, dan lainnya pada mesin virtual di atas sistem operasi Mac OS.

Parallels Desktop menyediakan fitur-fitur seperti pengaturan jaringan virtual, akses ke perangkat keras host, dukungan untuk touchscreen, dan integrasi penuh dengan Mac OS. Parallels Desktop juga memungkinkan pengguna untuk berbagi file dan folder antara sistem operasi host dan mesin virtual.

Parallels Desktop Aplikasi Berbayar, namun tidak perlu khawatir karena anda bisa mencoba versi Gratis (trial) dahulu.

Parallels Desktop

Aplikasi Parallels Desktop tersedia untuk:

Download: Parallels Desktop

5. QEMU

QEMU (Quick Emulator) adalah aplikasi virtualisasi yang open-source. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menguji aplikasi atau sistem operasi di berbagai lingkungan. QEMU mendukung berbagai fitur virtualisasi, seperti akses ke perangkat keras host, pengaturan jaringan virtual, pengaturan storage virtual, snapshotting, dan lainnya. Selain itu, QEMU juga dapat digunakan dalam kombinasi dengan KVM (Kernel-based Virtual Machine) untuk meningkatkan performa virtualisasi.

QEMU dapat anda gunakan secara Gratis, karena termasuk aplikasi open source.

QEMU

Aplikasi QEMU tersedia untuk:

Download: QEMU

Kesimpulan

Nah, dengan aplikasi virtualisasi diatas anda bisa melakukan uji coba sistem operasi atau aplikasi dengan mudah dan tentunya hanya perlu menggunakan satu perangkat saja, tanpa mengganggu sistem host.

Pemilihan Aplikasi diatas bergantung pada preferensi anda, beberapa aplikasi mungkin akan cocok untuk anda.

Penutup

Oke, tunggu apa lagi? yuk, coba sekarang! sekian pembahasan seputar 5 aplikasi Virtualisasi terpopuler. Bila pembahasan diatas bermanfaat bagi anda jangan lupa untuk bagikan artikel ini dan bila ada pertanyaan, anda bisa ramaikan pada kolom komentar!

Terima Kasih

Posting Komentar

Jasa Desain Logo